HOT PRESS MACHINE - VULCANIZATION of RUBBER

Salah satu kelebihan yang dimiliki CV. Bhineka Citra Sejahtera dalam proses produksinya adalah pembuatan rubber, baik ELASTOMERIC BEARING PAD, RUBBER FENDER, atau RUBBER SHEET, dengan menggunakan mesin HOT PRESS MACHINE.

Kelebihan dengan digunakannya mesin ini untuk vulkanisasi rubber adalah :
1. Suhu/ temperatur vulkanisasi dapat diatur dan stabil.
2. Waktu vulkanisasi dapat diatur.
3. Tekanan vulkanisasi yang diberikan stabil dan kuat.

Mengapa suhu, waktu, dan tekanan vulkanisasi sangat penting dalam produksi rubber?



Suhu
Suhu/temperatur yang tepat dapat melelehkan compound karet secara matang sehingga rubber dapat mengisi ruang mold atau cetakan secara menyeluruh. Bentuk yang diinginkan dengan mudah didapatkan. Jika suhu yang digunakan tidak tepat dan tidak stabil, maka dapat merusak properties/sifat bahan karet yang digunakan. Misalnya, CR mempunyai sifat medium-Oil resistance, tetapi sifat ini dapat berubah selama vulkanisasi, jika suhu yang dipakai tidak tepat dan tidak stabil.

Waktu vulkanisasi
Sama halnya dengan suhu, jika waktu vulkanisasi terlalu lama atau terlalu sebentar maka rubber yang dijadikan dapat "terlalu matang" atau "kurang matang".  Jika terlalu matang, maka memungkinkan berubahnya sifat karet yang diinginkan, misalnya menjadi kurang elastis. Jika kurang matang, makan rubber yang dihasilkan akan rapuh dan kurang mempunyai bentuk yang baik.

Tekanan Vulkanisasi
Pada mesin kami, tekanan mesin dapat mencapai 350 ton dan tetap stabil sampai akhir waktu vulkanisasi. Kestabilan dan tekanan yang tepat tidak akan memberikan kesempatan untuk munculnya rongga-rongga di dalam rubber, baik elastomer bearing pad atau rubber fender. Adanya rongga udara karena tidak stabilnya penekanan sangat berbahaya, karena rubber yang dihasilkan menjadi rapuh, mudah pecah, dan tentu berbahaya jika dipakai untuk fasilitas umum (jembatan).


Kelebihan-kelebihan diatas ini kemungkinan besar tidak dimiliki oleh rubber yang dihasilkan menggunakan mesin manual seperti dongkrak.
Kelebihan ELASTOMERIC BEARING PAD,Bantalan Jembatan.Karet Bantalan Jembatan,Bantalan
Contoh Proses Vulkanisasi Elastomer Bearing Pad.
Dihasilkan Elastomer Bearing Pad yang kokoh.


Kelebihan ELASTOMERIC BEARING PAD,Bantalan Jembatan.Karet Bantalan Jembatan,Bantalan
Mesin Hot Press - DAELTP
Check katalog dan produk kami di http://bcsrubber.blogspot.com/p/elastomer-bearing.html
Author : Febrina Carolina
Update : 30 Agustus 2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment